Drama On The Spot

Ngeliat kehidupan kampus akhir2 ini, ga tau kenapa, tapi kok hawanya bikin gerah ya…ada yang lagi terjadi, tapi Vie ga tau pastinya apa. Karena Vie ga terlibat secara langsung dalam sistem yang membuat Vie ngerasa gerah. Kok aneh ya, hal yang sama sering banget berulang…dan yang memicu, orang2 itu juga…pemicunya, karena orang2 yang sama…seolah-olah, selama mereka masih ada, akan selalu muncul 2 kubu, entah bentuknya berseberangan, berlawanan, tapi yang jelas, apa yang Vie liat, mereka tidak sama.

Mungkin untuk orang2 yang terlibat langsung di dalamnya, akan jauh lebih mengerti dan merasa apa yang sebenernya terjadi. Walaupun belum tentu semuanya mereka bagi ke publik. Tapi so far, berasa ada yang janggal. Entah apa. Tapi kayanya, setiap suatu hal baru muncul, akan ada pihak2 yang dengan frontal ataupun diam2, menolak pembaharuan itu. Yang janggal lagi, penolakan itu muncul jika yang membawa pembaharuan itu adalah seseorang, seseorang itu. Yang menolak, adalah orang yang sama. Jadi begini, ibaratkan si pembaharu itu A, dan penolak itu B. maka yang Vie liat, atau mungkin orang2 lain liat juga, setiap A mencoba melakukan suatu perubahan, berbuat sesuatu untuk hal yang diyakininya benar, sosok B akan selalu muncul sebagai orang yang menunjukkan celah atas apa yang dilakukan oleh A. tidak tanggung2, berbagai bentuk “perhatian” B munculkan. Ada yang sangat menohok, ada juga yang tersamar. Yah…bermacam2.

Kadang rasanya seperti menonton adegan sebuah sinetron. Ada peran antagonis dan protagonis yang sedang bermain…memainkan suatu scene drama politik kampus. Entah apa yang sedang diagendakan oleh mereka2 yang ada di sana, yang jelas…jangan sampai tidak berpihak pada kemashlahatan rakyat, yaitu mahasiswa…karena mereka dipilih oleh mahasiswa, dan akan bertanggung jawab pada mahasiswa, namun esensinya…Allah lah yang memilih mereka, memberikan amanah pada mereka untuk menjadi pemimpin. Kelak, Allah akan meminta pertanggungjawaban dari mereka.

Teringat suatu kejadian di sebuah rapat, yang mana saat itu Vie jadi pesertanya. Saat itu, ada sebuah dilema yang Vie hadapi. Mengenai tanggung jawab. Intinya, ada sebuah pernyataan yang sangat mengena di hati Vie saat itu, dan sampai sekarang. Yang mencetuskan pernyataan itu adalah seorang kawan, yang sudah Vie kenal sejak jaman OKMB, M. Aditian Wijaya. He said, “Kalian mestinya sadar, kita tu dikasih amanah, bukan tanggung jawab ke siapa, ke siapanya, tapi kita tu tanggung jawab sama diri kita sendiri, tanggung jawab ke Allah.”

Denger pernyataan itu, Vie diem, nunduk makin dalam. Malu. Kenapa baru sadar coba. Adit bener, semua ini kelak kita pertanggungjawabkan yang sebenarnya ke Allah, bukan Cuma ke manusia. Jadi mestinya apapun amanah yang kita dapat, jangan pernah menyangka, itu adalah karena manusia yang memilih kita. Sungguh tidak lain dan tidak bukan, yang memberi amanah itu adalah Allah. Allah lah yang memberi kita kepercayaan untuk menjalankan suatu organisasi, untuk menjadi panitia suatu acara, dan Allah lah yang memberi kita kepercayaan, kesempatan, untuk menjadi khalifah di buminya. Bukan manusia. Manusia adalah makhluk yang tidak berdaya tanpa pertolongan Allah… =)

Kawan,
Mungkin benar, dunia ini panggung sandiwara. Tapi…haruskah sandiwaranya satir? Bagaimana bila roman saja? Atau apalah yang lebih manis…yang lebih bisa dirasa enak hawanya…karena ini tak hanya menyangkut satu dua orang tertentu, atau hanya tentang kelompok-kelompok tertentu, tapi ini tentang mahasiswa secara keseluruhan. Seluruh civitas akademika secara keseluruhan. Bila mempertahankan ego, bukan di sini tempatnya. Ini kampus tempat berbagi, tempat belajar bersama, bukan tempat untuk mengajukan diri sendiri sebagai satu-satunya pejuang, satu-satunya jagoan…tidak!

So..let’s share together…okeh!! ^_^

2 thoughts on “Drama On The Spot

Comment, Please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s