an angel

“sob..gw ke rumah lw ya skrg!”
“ngapain?”
“maen aja..”
“oh..oke, gw juga lagi santai sih, gw tunggu ya..”
“hhaha, buka aja pintu rumah lw, gw udah depan!”
“heh?! dasar..iya gw keluar!”

sore yang cerah dan nyaman, Aldi dan Faris menikmati suasana dengan obrolan ringan di kebun belakang rumah Faris.

“woi Ris! lama banget sih!”
“sorii..gw nyiapin kebun belakang dulu buat kita ngobrol..”
“parah, tamu suruh nunggu depan pintu,”
“hhha..sori sob…yok ah ke belakang langsung! btw, gw ga denger lw ngucap salam..”
“wah, harus yak?”
“ngasih salam tu ngasih berkah yang punya rumah, ngedoain..ya anggep aja gantinya lw ga bawa apa2 ke sini..”
“hhhahaha!! lucu juga bercanda lw..oke..nih..Assalamu’alaikum…puas lw?”
“wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh..” Faris tersenyum

Aldi dan Faris berjalan menuju kebun belakang, diam-diam Aldi mengamati Faris dari atas sampai bawah.

“silahkan Tuan duduk di sini..hehe..”
“tengkyu..” Aldi langsung duduk
“Ris, kayanya lw berubah deh sekarang?”
“apanya?”
“rapihan, walopun di rumah..rambut lw cepak gitu,”
“hhaha, ya Alhamdulillah..gw dapet pencerahan..”
“lw gabung rohis kampus yak?!”
“yoha..asyik lho..gw nemu keluarga baru..hehe,”
“ah..paling juga karena cewek yang lw taksir anak Rohis,”
“kalo dapet cewek..eh istri anak Rohis yang soleha sih..ya gw ga nolak..tapi bukan karena itu lah..”
“bisa juga lw ngeles,hhhahaha”
“eh, tiba-tiba gw pengen nanya ini ke lw..cewek idaman lw kaya apa sih?”
“cewek? ga minat pacaran gw, ribet! gw langsung merit aja dah..hhahaha…”
“hhhaha…bagus..bagus..seenggaknya kan ada lah kriteria gitu..buat istri deh..”
“hmm..gw standar aja sih.. yang kaya itu aja deh, si Anna”
“Anna yang mana?”
“Anna yang ketua keputrian di Rohis SMA dulu..”
“hah?? Serius lw?!”
“sederhana kan..? ya tapi gw sadar lah..dia angel..gw devil..ga cocok man…hhhahaha..!”
“eh, gw pikir selera lw tuh yang yaah…kaya model gitu, yang anak gaul..kaya lw juga..”
“yaelah..yang begituan sih enaknya gw pelototin doank! ogah banget gw jadiin istri..”
“tapi kan mereka cantik, kalo anak gaul juga..pasti bisa nyambung donk sama lw..asik gitu kan..??”
“sob..lw tanya gw tadi kriteria buat jadi istri kan?”
“iya..so?”
“biar ga ngerti banyak tentang agama gini..gw juga pengen ngerasain kalo ntar gw nikah, rumah tangga gw tuh adem ayem..”
“gw ga ngerti?”
“ah..pura-pura lw..”
“ya..jelasin aja dulu…”
“gw ga mau punya istri yang kaya barang pajangan, dinikmati sama banyak orang. Mending kalo diliatin doank, kalo diliatinnya sambil dipegang-pegang juga? Wah..gw dapet bekas orang banyak donk…trus lw bilang yang anak gaul gitu cocok sama gw, okelah kalo Cuma buat temen maen doank, tapi jadi pendamping hidup..gw ga yakin sob..”
“lho..anak gaul kan biasanya intelek gitu, pengetahuan luas, dll..ga yakin gimana?”
“anak gaul berarti doyan gaul kan? Ya seenggaknya itu yang gw rasa..nah, kalo gw nikah sama orang yang doyan gaul, ntar pas udah nikah dia masih aja suka gaul, pusing gw bisa-bisa. Istri ga betah di rumah, pengennya main aja. Sama temen-temennya lah, ya masih bisa gw tolerir lah kalo temennya cewek semua, tapi kalo temennya juga banyak cowok. Apa ga bikin gw khawatir? Terus, lw bilang pengetahuan luas? Pengetahuan apa? Gw butuh istri yang punya pengetahuan agama yang luas, biar bisa ngajarin gw juga, dan kalo tahu agama, ya semoga bikin gw jadi ga khawatir. Lagian, ga selamanya dia jadi istri doank, tapi harus jadi ibu juga…gw ga rela donk anak gw tumbuh sembarangan, anak gw harus paham agama, biar ga sesat kaya bokapnya..hhahhaha..darimana gw dapet kalo ga dari cewek macem si Anna itu??”
“ga ngerti gw, ga nyangka..itu alesan lw?”
“ya..gitu lah..tapi, mana ada cewek kaya Anna mau sama cowok kaya gw? Iya kan? Hhahhaha..! yah..si Anna pantesnya dapat kay a lw deh..tapi lebih baik dikit..hhahhaha…jangan tersinggung sob!”
“lw mau biar pantes buat Anna?”
“ah..jangan lw suruh gw ikutan Rohis kampus lw itu..ogah! mending lw ajakin gw jalan..”
“Aldi..gw yakin lw pernah denger kalo lelaki baik dapet perempuan baik, begitupun sebaliknya..lw tau kenapa tadi gw bilang lw pantesnya sama model dan yang kaya anak gaul gitu? Karena gw liat, begitulah lw Di..”
“apa?”
“lw tipe-tipe cowok gaul yang suka maen sama siapa aja..cewek..cowok..pengetahuan lw luas, lw asik, easy going, model pula..gw ga nyangka lw punya harapan gitu di hati lw..kalo emang lw pengen kriteria istri yang lw ceritain tadi, kenapa ga mulai dari lw dulu?”
“mulai masuk Rohis?!”
“oke..gw ga nyangkutin sama Rohis..tapi gini deh, lw ga pengen liat istri lw kaya pajangan, apa lw pikir istri lw juga mau suaminya jadi pajangan, bebas dipegang-pegang juga sama cewek laen? Lw ga pengen istri lw doyan gaul karena bikin lw ga tenang, apa lw pikir istri lw ga khawatir kalo suaminya terlalu gaul, doyan jalan sama temen-temennya baik cewek atau cowok. Terus lw minta istri lw punya pengetahuan agama luas, lw bilang biar bisa bikin lw tenang, dan juga bisa ngajarin anak lw agama. Oke..seorang ibu emang sekolah pertama buat anak-anaknya, tapi ngedidik anak bukan Cuma kerjaan satu pihak. Anak itu ngejadiin orang tua sebagai contoh, lw sebagai bapak juga bakal dilihat sama anak lw.”
“ya..tapi gw kan cowok..wajar lah kalo cowok lebih banyak di luar rumah..lebih bebas..dan masalah anak-anak, tanggung jawab gw kasih mereka nafkah donk…ngedidik mereka, biar ibunya aja yang di rumah..kan gw berkeliaran cari duit..ya kan?!”
“egois lw..laki-laki tuh imam buat perempuan, lw tuh ntar jadi pemimpin di keluarga, lw bakal dimintain pertanggungjawaban tentang istri lw. Yang namanya imam itu diikutin, kalo imamnya salah, ya makmumnya ikut salah. Mau lw?”
“ah…ga segitunya kali…kaya lw udah pernah nikah aja…!”
“tuh kan..gw Cuma pengen buka pikiran lw aja..kalo lw pengen punya istri yang baik biar lw tenang rumah tangganya, ya lw juga harus jadi suami yang baik biar istri lw juga tenang. Baru seimbang, gampang aja sih, gitu doank..”
“ya..ya..ya..yang baru masuk Rohis..”
“Aldi..Aldi..terserah lw deh..”
“hhahhaha…oke dah sob! Ntar gw pikirin! Puas kan..??”
“gw percaya sebenernya lw mau kaya gitu, tapi lw gengsi..”
“sok tau lw! Hhahhaha..eh, magrib ya? Sana lw solat dulu, ceramah aja..”
“solat yuk..ini rumah gw ya..ikut aturan gw..”
“mana ada solat dipaksa, lucu lw..tapi…oke, sebagai sohib..daripada liat muka lw ga enak..”
“nah..gitu donk..gw ambil sarung dulu, kita ke masjid..”

Faris naik ke kamarnya, Aldi berjalan ke pintu rumah dan melihat foto keluarga Faris di ruang tamu.

“hah, bonyok Faris pasti keren banget, udah ngedidik anak jadi kaya Faris.”

(Bandung, 22-24 Jan 2010)

2 thoughts on “an angel

  1. Candra Setiawan says:

    Assalamu alaikum

    Hanya sekedar ingin menyatakan rasa….
    Rasa kagum….
    sejak awal kenal di facebok.

    Penilaian anggapan….:
    1.Religius
    2.Aktif
    3.Cerdas
    4.Selektif
    5.Ramah
    6.Damai
    7.Tulus
    8.Kreatif
    9.Santun
    10.Anggun
    11. maaf….saya belum menemukan sisi buruk Fitri.

    Hal yang telah saya lakukan untuk membenarkan pernyataan Rasa saya…… :
    1. Saya selalu menyarankan teman2 saya untuk berteman dengan Fitri di Facebook.
    2. Maaf…, saya pasti menyempatkan melihat hal yang baru dari fitri.
    3. Saya banyak mengambil pelajaran dari kreasi…, argument…, dan berbagai hal dari seorang Fitri (anda)
    4. Terima Kasih.

    Salam.
    semoga Berberkah segala aktivitasnya….

Comment, Please :)

