Belanda..Bandung..Banyak Gedung..

Mari bercerita tentang peninggalan Belanda di kota Bandung. kenapa di Bandung, karena saya kuliah di Bandung, hubungannya dengan Belanda, karena saya ikut lomba Kompetiblog2010 yang hadiah utamanya summer course di Belanda, jadi..marii.. ^_^v

mendengar nama Belanda, saya terbayang warna orange, tulip, grup sepakbola, dan gedung! ya, gedung-gedung bersejarah, yang umurnya ratusan tahun, membuat kita berdecak kagum, dan tertarik untuk benar-benar datang ke negeri asal tempat para arsiteknya. yap, Belanda menjejakkan kaki di daerah jajahannya, Indonesia, dengan meninggalkan sederet gedung berkualitas seni tinggi, yang dikerjakan oleh tangan-tangan terampil bercita rasa kelas atas. Salah satunya di daerah Bandung ini.

beberapa waktu yang lalu saya dan beberapa teman dari Institut Manajemen Telkom Bandung mengikuti Plezier Gedong Merdeka 2010, acara jalan kaki bersama untuk mengenal tempat-tempat bersejarah di kawasan sekitar Asia-Afrika dan Braga, atau yang dulu dikenal dengan jalan Grotepostweg.

Selama perjalanan itu, kami disuguhi berbagai cerita mengenai bangunan dan arsiteknya, salah satu yang paling banyak disebut adalah seorang arsitek keturunan Belanda bernama Ir.C.P.Wolff Schoemaker, beliau terkenal dengan gaya Art-Deco nya, berupa ragam bangunan yang menyertakan dekorasi khusus dan terbuka dengan perpaduan berbagai bentuk dan gaya. Adapun arsitektur bangunan di Indonesia, tidaklah murni gaya Eropa, melainkan telah mengalami perpaduan dengan model bangunan daerah di Indonesia. Contoh bangunan Art-Deco yang kami kunjungi yaitu diantaranya Bioskop Majestic, Hotel Grand Preanger, dan Gedung Merdeka / Museum Konferensi Asia Afrika.

melihat arsitektur bangunan yang unik karya Schoemaker, saya teringat bahwa Belanda memang terkenal dengan salah satu keunggulannya yaitu di bidang arsitektur. tidak hanya karya Art-Deco Schoemaker, tetapi terdapat juga bangunan lain seperti Kantor Pos Besar, yang memberi gambaran kemegahan dan nuansa elit klasik khas Hindia-Belanda.

Selain itu, ada hotel Savoy Homann yang legendaris, dan arsiteknya…tentu saja orang Belanda…yaitu Albert Frederik Aalbers yang juga mengusung konsep Art-Deco dengan dekorasi garis dan lengkung.

tak ketinggalan bekas toko jaman kolonial, yaitu Toko De Vries dan Dezon NV yang konon menjadi cikal bakal konsep mall saat ini.

Deretan bangunan di jalan Kota Bandung yang kami lalui tersebut membuat saya berimajinasi, kalau-kalau suatu saat bisa menikmati bangunan-bangunan berarsitektur Hindia-Belanda atau Eropa modern, di tempat asal para arsiteknya, yaitu Belanda. Pasti jauh lebih luar biasa bukan?? d^_^b

By Fitriani .VieZme. Rahman

Sumber :
http://www.arsitekturindis.com/?cat=10

Foto :
1. Poster Plezier : Koleksi Pribadi – Fotografer Dea Hanifah
2. Bioskop Majestic : Koleksi Pribadi – Fotografer Dea Hanifah
3. Hotel Preanger : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Grand_Preanger_Bandung_2008_sk.jpg
4. Gedung Merdeka : Koleksi Pribadi – Fotografer Dea Hanifah
5. Kantor Pos Besar : Koleksi Pribadi – Fotografer Fitriani Rahman
6. Hotel Savoy Homann : Koleksi Pribadi – Fotografer Dea Hanifah
7. Toko De Vries : Koleksi Pribadi – Fotografer Dea Hanifah
8. Toko Dezon NV : Koleksi Pribadi – Fotografer Fitriani Rahman

9 thoughts on “Belanda..Bandung..Banyak Gedung..

  1. sudar says:

    betul banget dibandung emang banyak rumah peninggalan jaman belanda……….tapi ada satu hal yang perlu disesalkan kurang nya perhatian dari pemerintah kota sehinggga bangunan yang bernilai tinggi itu menjadi tidak terawat…….

    • yap..setuju..
      karena Bandung memiliki begitu banyak bangunan wisata,
      jadi mungkin yang diutamakan wisata komersilnya..
      yg wisata sejarah..kurang..
      tapi untungnya masih ada komunitas2 yg peduli qo.. ^_^v

  2. anDani says:

    Banyak juga ya..ternyata peninggalan-peninggalan arsitektur Belanda di Bandung. Keren.. bisa buat inspirasi bangun rumah..hhe. Sayangnya ada sebagian yang udah beda banget ma aslinya,trus yang De Vries kayaknya harus diberdayakan deh..soalnya itu kan kosong. Bagus tuh kalo di manfaatkan buat sesuatu yang lebih menghasilkan.

    • yaa..mungkin harus menunggu investor yg tertarik u/ memberdayakannya..
      krn emang msh banyak hal di Indonesia yg belum tereksplor maksimal..🙂

  3. anDani says:

    Banyak juga ya..ternyata peninggalan-peninggalan arsitektur Belanda di Bandung. Keren.. bisa buat inspirasi bangun rumah..hhe. Sayangnya ada sebagian yang udah beda banget ma aslinya,trus yang De Vries kayaknya diberdayakan deh..soalnya itu kan kosong. Bagus tuh kalo di manfaatkan buat sesuatu yang lebih menghasilkan.

  4. amii says:

    wew..ternyata banyak juga ya bangunan belanda
    saia blum ngunjungin smuanya
    hhihi
    pengen k bioskop majestic..

Comment, Please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s