Iklan-Iklan

Pernah perhatiin iklan-iklan yang ada di TV dan Radio Lokal?
coba sebutin, apa aja kira-kira?
^_^

seringnya, kalau di TV lokal, sejenis iklan produk-produk rumah tangga,
macem blender, alat pelangsing, wajan, dll
terus juga tempat-tempat usaha di daerah sekitar🙂

kalau di Radio lokal, seputar iklan obat kuat, pengobatan alternatif, kredit, dll
dan juga informasi daerah🙂

hal yang menarik dari beberapa iklan tertentu, menurut V :

PENGGUNAAN BAHASA ASLI DAERAH

Iklannya lucu-lucu, bikin pengen ketawa, kerasa banget daerahnya.
terus macem iklan pengobatan gitu, meyakinkan banget bahasanya,
suka mikir, pasiennya banyak nggak ya?:mrgreen:

Iklan-iklan itu adalah salah satu hal yang menjadi pembeda jelas,
antara media lokal dan media nasional,
seringkali itu semua disebut sebagai upaya untuk mengenalkan kearifan lokal.
orang-orang luar daerah, begitu mendengar atau melihat iklan tersebut,
bisa merasakan hiburan tersendiri dan mendapat informasi khusus daerah.

sayangnya, dari hasil ngobrol sama penyiar lokal brebes,
juga ngobrol sama temen yang pernah kerja di televisi lokal semarang,
masih sangat sedikit masyarakat yang tertarik untuk memasang iklan di TV & Radio lokal.
Alasannya :

1. Pemilik usaha merasa, biaya iklan sebagai beban, bukan investasi
2. Tidak yakin iklannya didengar / ditonton oleh target yang tepat
3. Merasa Radio & TV lokal tidak memiliki banyak audience
4. Semakin banyak media yang menyediakan space beriklan gratis
5. Belum merasa beriklan di Radio & TV sebagai suatu kebutuhan

mungkin pandangan seperti itu muncul karena belum adanya bukti,
yang dapat memberitahukan efek paparan iklan di dua media massa lokal tsb.

so, menurut Reader, gimana?🙂

Comment, Please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s