Manusia Teoritis

dari sebuah obrolan di warung susu murni bersama seorang sahabat yang sudah menikah dan sedang mengandung 4 bulan disertai suaminya, dan satu orang sahabat yang sedang menyelesaikan skripsinya.

saat itu saya dengan antusias bertanya mengenai pernikahan mereka, kehamilan sahabat saya, macam-macam saya tanyakan. Kemudian tanpa disangka, sahabat yang masih menyusun skripsi bertanya sesuatu, dengan PEDE nya saya menjawab, lancar, tidak lupa menyebutkan, “aku sih baca-baca di buku sama di internet, gitu katanya.”

tiba-tiba, saya tidak menyangka, bahwa suami sahabat saya akan berkata,

“beda Pit, kalau udah nikah nggak gitu juga.”

ah, jawaban itu sangat sederhana, tapi buat saya,
seolah saya sedang berlari, sprint,
tiba-tiba sebuah tembok muncul, saya menabrak tembok, jatuh terduduk.

membuat kesadaran saya mendadak muncul,
selama ini, saya, karena terlalu takut salah melangkah,
terlalu berhati-hati dan ingin belajar dari pengalaman orang lain,
banyak membaca, mencari referensi, untuk kemudian saya yakini
bahwa memang demikianlah yang terjadi, tapi saya lupa
manusia itu banyak!
kisah mereka tentu tak serupa!
dan..membaca cerita orang, membaca teori yang ditulis pakar,
tentu berbeda dengan merasakan sendiri, mengalami sendiri,
ah ya, saya harus minta maaf pada seseorang,
karena terlalu banyak menjejalinya dengan tumpukan teori
padahal, bisa jadi, ini kisah lain yang berbeda,
belum pernah ada, belum ada referensinya, jadi..

ya, doa saya masih sama,
dia pasti tahu.
saya akan terus belajar menjadi manusia yang
mampu menerima kenyataan, menyeimbangkan harapan,
supaya, hanya sedikit masalah yang ada..
toh, masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan bukan?🙂

One thought on “Manusia Teoritis

  1. karena isi kepala orang yang satu dengan yang lainnya itu berbeda. paradigmanya sudah berbeda. lingkungan lahirnya sudah berbeda. teman-temannya juga berbeda. so, terapinya juga berbeda.

Comment, Please :)

