HAL IJIN, KULIAH VS KERJA

Reader,
Saat ini V kerja di koperasi milik divisi multimedia PT. Telkom Tbk. Tugas V salah satunya mengurus administrasi pegawai outsource, termasuk di dalamnya adalah ijin cuti.

Melihat-lihat jatah cuti & rekap jumlah cuti yg sudah diambil, membuat V jd teringat masa kuliah dan membandingkan dengan kondisi kerja.

Dulu, di kampus, untuk setiap mata kuliah, disepakati bahwa setiap mahasiswa mendapatkan toleransi untuk tidak mengikuti perkuliahan selama 3x pertemuan dari total 14x pertemuan dalam satu semester. Lebih dari 3x, sangsinya tidak dapat mengikuti UAS.

Menurut kampus, itu dispensasi, kalau2 si mahasiswa mengalami musibah / sakit yg membuatny tidak bisa mengikuti perkuliahan.

Tapi untuk mahasiswa, oke, hm, untuk sebagian besar mahasiswa, itu disebut ‘Jatah Bolos’.:mrgreen:

Ketika pemikirannya adalah jatah, maka cenderung ingin digunakan bahkan sampai habis, tapi jika pemikirannya adalah kelonggaran untuk kejadian tak terduga, maka hanya akan digunakan untuk keadaan yg memang darurat.

Dosen V sering mewanti-wanti agar para mahasiswa tidak menggunakan jatahnya dg semena-mena. Karena seringkali 3x jatah sudah habis dipakai untuk sesuatu yg kurang penting, tiba2 mendekati akhir perkuliahan mereka baru benar2 butuh dan jika membolos, tidak bisa ikut UAS. Rugi kan?

Sekarang di dunia kerja, cuti adalah hak. Penetapannya ada dalam UU Tenaga Kerja. Cuti bisa juga dilihat dari dua sisi, apakah hanya untuk dihabiskan? Atau digunakan sesuai keperluan? Disesuaikan dengan jatah yg dimiliki, dan tidak dimanipulasi dengan surat sakit agar jatah tidak berkurang.

V berharap setiap individu yg kuliah ataupun bekerja dapat bersikap bijak dalam menggunakan hak-hak yang telah diberikan, termasuk V sendiri.

🙂

Bagaimana dengan Reader?
Let`s share…

2 thoughts on “HAL IJIN, KULIAH VS KERJA

Comment, Please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s