Keluhan Ibu Hamil

Post yang ini,
isinya sharing aja tentang yg V rasain sbg BuMil..
terutama hamil pertama🙂

karena dari yg V baca,
nggak semua bumil ngalamin keluhan yg sama
misal keluhan itu variannya ada dari A-Z
mungkin V ngerasain A, N, D, I aja:mrgreen:
beda sm yg lain, wlopun UKnya sama..hhe

well, start :

1. Nggak Doyan Makan
hmm, ini keluhan bukan ya? di awal hamil, V justru ga doyan makan, tapi ga mual / muntah..cuma, ga ngerasa pengen makan aja..padahal di awal kehamilan, yg namanya calon janin butuh nutrisi banyak ya buat pertumbuhannya. untungnya itu cuma sebulanan, dan apa yang V asup, masih mencukupi kebutuhan ibu juga calon janin.

2. Mual Muntah
yg satu ini, sebagian besar ngerasain kali ya..padahal di saat yang sama, V udah lagi doyan makan, tapi apa yang dimakan, jadi dikeluarin lagi deh, semuanya..hikz akibatnya, harus rajin makan, lagi dan lagi..jgn sampe perut kosong..kasian debaynya🙂 ibunya, harus sabar..ntar juga ilang qo..ayahnya, support ibunya donk..

3. Pinggang pegel, ngilu, sakit, arrghh..😥
yap! keluhan satu ini, kerasa banget di trimester awal, sakitnya..bikin istighfar terus..sampe dipijit..pake gerak2 biar ga sakit, tp tetep aja sakit..huhuhu..klo kata tukang pijitnya, “sabar mbak ya, namanya juga orang hamil, kalau udah hamil gede, lebih kerasa lagi nih mba sakitnya” ayaya..nikmatnya..jadi ibu hamilll…:mrgreen:
yg bikin nikmat banget juga, perjalanan pergi pulang kantor yang ditotal bisa 3-4 jam di jalan..naik motor 1 jam..lanjut nungguin kereta, trus naik kereta..Allahuakbar..nikmat..nikmat..nikmat..🙂

4. Tangan, Kaki, Bengkak
tiba2 suatu pagi, tangan V sakit, susah buat menggenggam, turun dari kasur, ga bisa langsung berdiri tegak. nyut-nyutan..OMG, inikah rasanya? ya..V mengalami juga yg namanya bengkak tangan kaki. hwaaaa…susah ini buat jalan…😥 oke oke, pelan2..genggam juga sedikit demi sedikit, lenturin..lumayan. temen nyaranin untk ttp bnyk jalan, minum air putih, kurangin garam, tidur kaki diangkat, biar ga terlalu. Alhamdulillah it works🙂

5. Sembelit atau bahkan diare
ya ya ya, sembelit pernah..diare juga pernah..tau kan rasanya? ya begitu dehh..🙄

6. Nyeri sendi
yang ini, kerasanya di pergelangan tangan, ga tau deh, tiba2 sakit aja, kalo dari baca2 sih..ntar abis lairan juga ilang sendiri..itu karena tubuh lg mengeluarkan hormon untuk melemaskan sendi2, supaya gampang pas lairan..aamiin deh ya🙂

7. Susah Tidur
ga susah2 amat sih, cm lbh sering kebangun aja jadinya. terutama mau masuk TM3 ini, miring kiri nyangkut, miring kanan nyangkut, telentang enak tp kadang suka kerasa kenceng. belum kalo waktunya tidur, tapi debay masih blm tidur, malah heboh nendang2..Allahuakbar..nikmat banget deh jadinya:mrgreen:

8. GERAH TERUS
hikz, yg satu ini kenapa pake huruf gede, krn kalo lagi parah2nya, bikin pengen nangis. tidur, kebangun, baju basah semua, abis mandi, langsung keringetan lagi, di kendaraan, yg lain pada santai2 bajunya kering, V udah basah kuyup. alhasil, minum air dingin lah, bawa kipas lah, dll. kalo pake kipas angin, malah masuk angin, pusing, perut kenceng..jadi ya..sabar..sabar..sabar..bawaan bayi..SEMANGAT❗❗❗

9. Gampang Ngantuk
konon, para ibu hamil jadi gampang ngantuk, krn sebenernya dalam tubuh bumil itu sedang terjadi proses luar biasa kompleks, yaitu pembentukan manusia. Jadi wajar kalo gampang capek, gampang ngantuk, karena memang menguras energi, walopun mungkin ga kerasa secara kasat mata😎

hmm, apalagi ya?
kurleb itu sih yg V inget2 sampai post ini ditulis.

buat sesama bumil yg mgkn UK ny sama,
atau bahkan baru minggu2 awal kehamilan,
mungkin post ini bisa jadi bahan bacaan ringan aja,
supaya ga panik dg perubahan2 tubuh saat hamil,
walaupun wajar sih ketika punya perasaan,
kok begini sih, kok begitu sih..
ya..kan lagi hamil..hhe

pesannya buat para suami yg istrinya lg hamil,
support terus istrinya yaa..
kehamilan itu proses yg luar biasa lho,
rasanya senengggg bangettt kalo dikasih perhatian sama suami😉
hati senang, menjalani kehamilan jd lebih SEMANGAT🙂

ga cuma calon ibu yg cari2 bahan bacaan ttg kehamilan, kelahiran, pertumbuhan anak
tapi calon ayah juga, supaya bisa saling support selalu
gimana? oke kan?:mrgreen:

lanjut sharing yg lain ya kapan2..
sehat semua ya para bumil,
para ayah pendamping bumil,
orangtua & mertua bumil,
semuaaaanyaaaa…aamiinn

Comment, Please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s