Emang Kenapa?

Mana pernah V ngebayangin jualan online, sejak kecil V nggak pernah diajarin jualan. Keluarga Ibu mayoritas guru, keluarga bapak mayoritas pegawai BUMN atau Swasta, nggak ada contoh.

sampai V kuliah di Manajemen Bisnis, dapat tugas kuliah untuk jualan. dari situ mulai mikir, seru ya. tapi udah itu stop, cuma sampai selesai tugas kuliah.

Dari dulu, pengen bisnis, pengen jualan, tapi tahu apa yang V pikirin? malu, takut ditolak.
ya, V selalu takut ditolak, garis bawahi, tebalkan, “takut ditolak”.
karena, sedari kecil, V selalu diterima, sedikit atau mungkin jarang merasakan ditolak.
tapi begitu di Bandung, kuliah, 100% jauh secara fisik dari orang tua, V mulai merasakan,
nggak selamanya V diterima, V harus hadapi kenyataan bahwa hidup itu kadang ditolak,
selama ini V merasa baik2 aja, merasa selalu diterima, karena di belakang V ada orang tua,
yang membuat V selalu merasa nyaman, selalu baik2 saja, all I have to do just ask.

tapi suatu saat V inget omongan beberapa orang,
“kamu itu orangnya persuasif.”
“kamu cocok lho Fit di marketing.”

selalu V tepis,
“mana mungkin jadi marketing, orang aku kan paling takut ditolak, aku nggak enak banget ngeliat wajah orang yang nolak apa yang aku jual. nggak, nggak mau.”

dan padahal, V dapat tawaran pekerjaan di salah satu radio keren di Bandung, untuk jadi Marketing! itu setelah mereka wawancara V. Awalnya V apply buat HRGA, tapi gara2 baca resume V dan lihat penelitian V tentang marketing radio, mereka nawarin untuk wawancara tentang marketing, dannnn…mereka interest sama V, mau hire V. di saat yang sama, V dapat tawaran HR di Mediatron, yes..V pilih jadi HR di Mediatron. Karena menurut V, itu kesukaan V, jadi HR.

duh, acak adut nulisnya, nggak terstruktur banget ya.
ketika akhirnya V berani untuk jualan online, karena V pikir, ah masa aku nggak bisa, ambil barang, jual lagi, gitu aja toh? calon pembelinya kan nggak ketemu langsung, nggak usah lihat ekspresinya, jadi nggak ngaruh apa2 donk harusnya ke perasaanku? mau ya silahkan beli, nggak ya udah. Nggak perlu ngerasain barang dagangan dilirik doank, terus orangnya melengos pergi nggak beli. atau ngerasain, orang naksir barang kita, tapi nawarnya sadis, udah gitu nggak jadi beli sambil bilang ah mahal, padahal itu udah harga paling murah yg kita kasih, di bawah itu kita nggak dapat untung. hahhaha😀 aduh bayangannya..

sekarang pas udah jalan jualan onlinenya, beneran lho, paling males (harusnya nggak boleh sih), ngeladeni orang yang :
1. nanya ini, itu, minta fotoin ini itu, buanyakkk, belinya cuma satu, yg paling murah, minta gratis ongkos kirim. Astagfirullohhh…
2. belum2 udah nembak “gratis ongkir kan?”, “mau order berapa pcs sis?”, nggak dibales2, barangnya keburu dibeli sama yang lain, begitu muncul lagi, “katanya ready sis, saya ambil satu aja, gratis ongkir kan?”. Ah, astagfirullohh…
3. customer yg nawar sampe rendah banget, padahal belinya 1. Plis, namanya orang jualan, mau cari untung, kalo mau beli yang murah banget2, silahkan ambil grosiran, tapi bukan di saya.
4. ini nih, yg bikin tepok jidat terus, tiap kali V ganti gambar atau upload gambar barang jualan, nanya : “itu apa, harga berapa, size apa, ongkir berapa, fotoin yg jelas donk.” berkali-kali begitu, tapi…sampai hari ini, belum pernah beli jualan V, satupun!!! aneh ya, ada aja yg begitu, ketawa aja dah…

karena V pernah di posisi sebagai pembeli, V sering mikir, ini orang nggak tahu apa ya kelakuannya menyusahkan orang lain. perasaan V kalo beli online jarang banget nawar, dan sebelum beli juga udah mikir, oh harga sekian sama ongkir sekian, total sekian, kalo nyari di pasar atau di toko, kena harga mungkin sekian, sesuai? ambil. nggak sesuai, cari lagi. Kalaupun mau nanya2 dulu, yang sopan, di awal bisa bilang, “aku nanya dulu aja ga apa2 ya.. :)” kasih emote senyum, ah kan enak gitu bacanya.

etapi, ya ya ya, karakter orang beda2 kan ya. huftt. V3..V3..berubah donk ah😀
gara2 jualan online, jadi ngelatih mental, ngelatih buat mikir, ngeliat kepribadian orang, dll.
lucu ya, untung ada suami, yang bisa jadi temen curhat kalo udah kesel banget banget bangett..love you fullll.

ya ampun, ceritanya curhat ini teh ya.
intinya, sebagai penjual, V mohon maaf ya kalo belum selalu melayani dengan baik, namanya juga manusia, but I’ll try my best🙂
sebagai pembeli, V juga mohon maaf kalo belum bisa beli / nyetok banyak2, hhaha😀 ayo yang mau ngasih modal, ditunggu lho😉

Terakhir, Iklan boleh lah ya, ANAFI SHOP, sayang bayi, dukung busui, saat ini Ready :
1. Susu Kedelai Bubuk MAMA SOYA, membantu melancarkan ASI (30rb)
2. Jilbab Syria Bayi Motif Bunga, Kupu, Obat Nyamuk, Pita, 1-3y (30rb)
3. Koko Bayi 3-18m (90rb – ini di pasaran 100rb s.d. 110rb lho ya, belum ongkir, jual murah ngabisin stok aja, kalo abis ga restock, slow moving soalnya)
4. Set Legging Motif + Bandana Ikat 0-2y (35rb)
5. Bandana Ikat Motif 0-2y (15rb)
6. Bandana Renda Bunga 0-1y (20rb)
7. Legging Motif 1-2y (20rb)

Info or Order? Feel free to contact :
LINE viezme
WA 0812-2729-0099

Comment, Please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s