Pentingnya Belajar

V tergabung dalam 3 grup di Facebook yg mendampingi selama V hamil, melahirkan, sampai menyusui & MPASI Alfi. 3 grup itu :

1. GBUS (Gentle Birth Untuk Semua)
2. AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)
3. SAM (Sharing ASI-MPASI)

dari GBUS, Alhamdulillah V berhasil belajar melahirkan dengan normal, ga pake teriak2, dan nggak ngalamin baby blues.

dari AIMI, Alhamdulillah V berhasil praktekin IMD, Menyusui dengan pelekatan yg benar & dapat jawaban seputar problem menyusui.

dari SAM, Alhamdulillah V belajar manajemen MPASI yg benar, lihat2 resep dari para moms keren yg suka sharing.

V tahu, mungkin buat sebagian orang, hamil, melahirkan, menyusui, memberi makan anak, adalah hal alami, hal yang biasa, tapi seiring berkembangnya jaman, bertambahnya hasil penelitian mengenai anak, V merasa belajar adalah keharusan, tidak hanya bersandar pada kebiasaan masa lalu, walaupun beberapa hal justru harus kembali seperti dulu.

Contoh, di GBUS, V mempelajari dan dibuat mengerti bahwa anatomi tubuh perempuan telah diciptakan sedemikian rupa oleh Allah untuk mampu menampung bakal manusia, juga tubuh perempuan telah diatur agar dapat melahirkan secara normal, karena melahirkan adalah hal alamiah. V nonton video perempuan dayak melahirkan sendirian, dan seorang ibu yang melahirkan sambil tersenyum, Masya Allah..indah sekali.

Ya, sudah seharusnya setiap momen kelahiran disambut dengan suka cita, support dari suami & keluarga sangat berarti. V kirim artikel2 ke suami, ke Ibu, ke mertua, agar support yg V dapatkan full. Alhamdulillah sekali lagi, Alfi lahir normal dan IMD🙂

Lanjut dengan menyusui, apakah terpikir, “gampang, tinggal sodorin nenen aja”. Ah, ya, dulu V pikir begitu. Tapi V salah, ada ilmunya agar proses menyusui tidak menyakitkan (terutama di awal2 menyusui), agar ASI yang diminum maksimal, agar seimbang foremilk & hindmilk nya, agar produksi ASI terjaga, agar mampu ASI Eksklusif, bahkan sampai 2y. V nggak malu buat belajar & bertanya, karena V tahu dan yakin, ASI itu TERBAIK untuk bayi. TERBAIK. Kecuali dinyatakan secara medis oleh tenakes yg berwenang & berpengalaman bahwa ASI mengandung hal2 yg membahayakan jika dminum. Apa saja yg bikin ASI ga bisa diberikan? Silahkan cari..belajar🙂 jangan mudah tergiur SUFOR. Ingin ngasih SUFOR? seriously, pikirkan lagi baik2, tolong cari sumber & alasan yang sangat kuat SUFOR layak menggantikan ASI.

Selesai? No. Berapa banyak yang ngASI cuma sampai sebulan, lalu anak dikasih makan? Sampai 3 bulan, lalu disambung SUFOR, dikasih makan. Tolong sebagai calon Ibu / sebagai Ibu, jangan malas belajar..ASI Ekslusif itu ASI SAJA SAMPAI 6 BULAN. Nggak perlu air putih, ASI itu air & bayi belum butuh air putih selama 6 bulan ASI.

Cari..tolong cari, kasus2 kematian bayi karena kerusakan pencernaan akibat dari MPASI dini. Cari..tolong cari, kasus2 bayi/balita yg sering bolak balik ke RS karena masalah pencernaan akibat MPASI dini. Ayo Bu, jangan malas belajar. Jangan dengarkan orang bilang, “dulu kamu juga ga apa2.” Didiklah anakmu sesuai jamannya. Ikuti keilmuan terbaru.

Jadi Ibu jangan malas belajar! Ibu itu sekolah pertama anak! Ibu yang bertanggungjawab atas tumbuh kembang anak! Asupan gizi anak! Kemampuan belajar anak! Ibu itu jabatan, Allah yang amanahi, jangan main2 sama jabatan sebagai Ibu. Belajar. Belajar. Belajar.

Ayo..Ibu / Calon Ibu, jangan merasa sendirian..ajak Ayah, ajak orang tua, ajak mertua, untuk menyamakan pola asuh anak. Bilang, “Bismillah, Saya mau melahirkan normal, IMD, ASI Eksklusif, No MPASI Dini.” Kumpulkan sebanyak2nya dukungan, persiapkan kedatangannya. Kalau ternyata kehendak Allah berkata lain, harus sesar, tidak bisa IMD, tidak bisa ASIX & hrs MPASI Dini krn kondisi bayi & ibu yg SECARA MEDIS, tidak memungkinkan, maka bersabarlah..Allah tahu batas kemampuan hambaNYA.

Ayo..Sayangi Bayi..dengan Dukung Ibu Menyusui..🙂

Bismillah, saat ada kesempatan nanti, V akan ambil kelas pelatihan KONSELOR LAKTASI 40 JAM MODUL WHO. Agar makin pasti ilmu tentang LAKTASI.🙂 aamiin.

Comment, Please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s