Lomba Balita Sehat Kota Bekasi 2015

IMG-20150305-WA0008

Alhamdulillah, kemarin (5/3) Alfi Juara 1 Lomba Balita Sehat Tingkat Kota Bekasi tahun 2015. Alfi & Bunda mewakili kecamatan Jatisampurna, kelurahan Jatisampurna.

Piala & uang pembinaan diserahkan oleh Ibu wakil walikota. Tanggal 10 besok, Alfi & Bunda diminta hadir lg di upacara perayaan HUT Kota Bekasi ke-18.

Alfi ikut di kategori 6-23m, bersaing dengan 11 balita dari kecamatan lain di kategori yg sama. Untuk kategori 24m-49m juga ada 12 balita mewakili 12 kecamatan. Total 24 peserta.

Adapun penilaiannya terdiri dari :
1. Administrasi
2. Gizi
3. Gigi
4. Kesehatan
5. Psikologi
6. Pengetahuan PKK

Berikut penjelasannya yaπŸ˜‰
1. Administrasi pastinya kelengkapan data Orang Tua & Balita yaitu :
– FC akte lahir anak
– FC ktp Ayah & Ibu
– FC Buku Nikah
– FC KK
– Foto anak 3R 1lbr
– FC KMS (asli dibawa saat lomba)
– FC Kartu Peserta KB (asli dibawa saat lomba)

2. Gizi, di pos ini, Alfi ditimbang pake timbangan digital & diukur tinggi badannya dengan ditidurkan. Padahal Alfi udah bisa berdiri ya. Kalo kata penilainya, itu karena di umur Alfi kalo diukur berdiri, akan jadi lebih pendek dari tinggi sebenernya. Well, Alhamdulillah, Alfi masuk kategori gizi baik. Patokannya dilihat dari tabel WHO & KMS.

3. Gigi. Dicek apakah pertumbuhan giginya sudah sesuai umur, ditanya bagaimana cara bersihin giginya. Alhamdulillah Alfi di usia hampir 14m giginya mau 8, udah belajar sikat gigi sendiri, walaupun lebih sering digigit sih. Seringnya Bunda bantuin juga. Hhe..

4. Kesehatan. Mata, hidung, telinga, perut & kelenjar sekitar telinga Alfi diperiksa. Alhamdulillah aman, walaupun terlihat sedikit bekas pilek.

5. Psikologi. Alfi diberi beberapa stimulasi seperti coba buka buku, coba kasih pulpennya, dan Bundanya juga ditanyain seputar tumbang Alfi. Lucunya, pas dikasih buku, langsung dicoret2, buka2 coret2, pulpennya diambil nggak boleh.πŸ˜€

6. Pengetahuan PKK. Nah, yang ini, Alfi udah nggak dinilai nih. 100% dites pengetahuan & pengalaman Bunda dalam mengasuh Alfi juga seputar program PKK. Hal2 yang berhubungan dengan kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB), Posyandu, PHBS, KMS, ASI, MPASI, PKK itu sendiri, dll. Alhamdulillah banyak yang Bunda bisa jawab karena memang Bunda kerjakan sendiri. Bunda juga sudah dibekali buku saku PKK, dan sekilas program PKK sama uti nya Alfi yang kader PKK kelurahan Jatisampurna.

Atas semua usaha dan doa, Alhamdulillah Allah beri kesempatan Juara 1.πŸ™‚

Terima Kasih pada Posyandu Kranggan Permai, Puskesmas, Kelurahan, Kecamatan Jatisampurna, yang telah memilih & mengajukan Alfi sebagai peserta.

Semoga hadiah ini menjadi pemicu buat Bunda agar dapat mengasuh Alfi dengan sebaik2nya. Aamiin..

#SalamASI

Comment, Please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s