Kamu mah gampang. Masa?

“Kamu kan IRT, wajar lah bisa ngasih ASI Ekslusif buat Alfi, tinggal sodorin aja, beres. Nggak repot ini itu buat ngASI.”

Saya yakin, kamu bakal mikir lagi buat ngomong gitu kalo tahu cerita V ngASIX. Satu lagi, nggak semua IRT bisa ngASIX, bisa ngASI. Balik lagi ke orangnya, mau usaha apa nggak buat ngASI.

10 Jan 2014, V mulai pembukaan, ditandai dg keluar lendir darah, Alhamdulillah ASI mulai keluar ngebasahin baju.

11 Jan 2014, Alfi lahir, dibawa untuk dibersihin, langsung IMD kurleb 30 menit (please, lakuin IMD, AMAZING!). Langsung rawat gabung, Alfi tidur di box, V tidur di kasur, tapi sekamar. Suster berulang kali tanya : “ASI nya sudah keluar Bu?” selalu V jawab sudah, walaupun saat itu V nggak tahu pasti iya keluar apa nggak. Yang V tahu, Alfi harus terus V susuin, karena itulah satu-satunya cara supaya ASI keluar sesuai kebutuhan Alfi. V nggak mau sedikitpun sufor masuk, V udah bilang sama dokter, sama susternya juga, karena itulah V minta rawat gabung supaya V yakin, yang masuk ke tubuh Alfi hanya ASI dari V. Alhamdulillah, malam pertama bisa dibilang Alfi nggak terlalu rewel, begitu bangun, langsung suami gendong dan pindahin ke pelukan V untuk disusuin, begitu seterusnya sampai akhirnya boleh pulang dari RS. No sufor at all. Hanya terus disusui, disusui, disusui.

13 Jan 2014, Alfi dibolehin pulang, setelah mekoniumnya keluar, dan hasil HB nya cukup untuk bisa pulang. Saat inilah drama menyusui Alfi dimulai.

Selama di RS, Alfi nyaman di ruang ber-AC, di box yang nyaman, suasana yg tenang. Begitu di rumah, no AC, suasana berisik, Alfi nggak bisa tidur tenang lagi. Begadangnya makin banyak, Alfi bangun, lagi, lagi, apa yang disalahin? ASI kamu keluar nggak sih? itu anaknya disusuin biar diem.

Serumah ikutan nggak bisa tidur. V capek, yang habis lahiran pasti ngerti banget rasanya. V hampir nggak bisa tidur, karena durasi Alfi nyusu lama banget, begitu dilepas, bangun, nangis. ah stress..! tapi apa V nyerah, minta dibeliin sufor biar bisa tidur nyenyak? nggak!

nggak cuma itu, kurleb seminggu setelah di rumah, muncul masalah baru, my nip terbelah, perih, berdarah, udah gitu V panas tinggi sampe 40dercel lebih, ga bisa tidur, kedinginan tapi panas, stress tiap mau nyusuin kaya ketakutan sakit, tapi emang sakit banget. V nyusuin sambil nangis, akhirnya ke dokter dikasih obat untuk panasnya, ada infeksi katanya. Nyusuin masih sakit? Masih, tp V tetep kasih ASI, bukan sufor.

V dikasi salep untuk ngobatin my nip, sementara itu Alfi minum ASIP, kalo lagi ga diperah, dioles salep, kalo mau diperah, dibersihin dulu salepnya. Ngumpulin ASIP itu juga perjuangan saudari😦 mana Alfi minumnya cuma bisa pake dot, tapi kalo pake dot, Alfinya kembung, dan langsung bingung puting, produksi ASI turun, hwaaa makin strsss! Mau ga mau Alfi harus segera nyusu secara langsung lagi, cuma 2 hari V pake salep dan ngumpulin ASIP, setelah itu dengan bismillah V mulai nyusui lagi secara langsung.

Selama 2 hari itu, V bolak balik buka artikel & cari gambar maupun video ttg posisi menyusui yg benar, karena V sadar, sakit yg ini akibat posisi pelekatan menyusui yg salah, V udah bertekad, kalo ini sembuh selanjutnya harus udah bener nyusuinnya.

Alhamdulillah..sejak hari itu, sampe sekarang Alfi mau 1,5 tahun, Alfi minum ASI langsung dari sumbernya, hhe. Ada denk V sempet nyetok ASIP lagi, waktu mau bebenah pindah kontrakan, Alfi titip ke mertua agak lama setengah hari, jadi minum ASIP dulu deh🙂

So, yg penting mau usaha ya? Ditambah dukungan dari lingkungan paling dekat..insya Allah deh🙂 tapiii kalopun ada ibu yg ga mau ngASI, well that’s her body, it’s up to her. Tetep kasihi anakmu dengan penuh cinta yaaa..salam ASI😉

Comment, Please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s