Jodoh?

Tiba-tiba aku ditanya,
“Gimana sih bisa yakin dia jodohmu?”

aku tidak langsung menjawab, aku menatapnya dan mengernyit, lalu tertawa
“ya karena dia yang menikahiku. hahaha…” jawabku sambil tergelak

perempuan itu terlihat tidak puas, aku menjawab lagi
“ya itu namanya jodoh…sampai menikah.”
“nggak! maksudnya bukan gitu! gimana kamu yakin mau menikah sama dia, bahwa dia orang yang emang tepat buat kamu nikahi, bahwa dia…jodohmu…sebelum kalian memutuskan, oke kita nikah.”

dia melipat tangannya di depan dada, kesal akan jawabanku. Aku tersenyum kecil.

“kalau aku cerita, mau dengarkan? mungkin agak membosankan, dan panjang..mau?”

dia mengangguk cepat.

-*-

“aku suka menuliskan impianku di buku diary, apapun, termasuk sosok pasangan impianku. aku bahkan memilih nama untuknya. Ega. aku tidak tahu kenapa nama itu, asal lewat saja. lalu aku pun memikirkan kepribadian seperti apa yang kuinginkan dari pasanganku kelak.” aku memulai cerita

“wow! seperti membuat karakter tokoh novel atau komik!” dia antusias

“ya begitulah. aku bahkan menuliskan, seperti apa momen pertemuanku dengannya kelak.”

“jadi kamu ketemu suamimu seperti ketemu Ega, jadi kamu ngerasa yakin dia jodohmu, gitu?” tanyanya penasaran

“tidak 100%, beberapa hal memang sesuai seperti Ega, yaitu dia yang berani datang melamarku, dan kemudian orang tuaku yang tanpa ragu menerimanya, dan…yang paling mirip adalah, momen pertemuan kami.”

“ohya?? seperti apa??”

“waktu itu kami sama-sama masih di kampus, kami satu angkatan, satu organisasi. aku baru selesai kuliah dan perlu mengambil buku yang tertinggal di ruang organisasi. saat sampai di depan pintu ruangan, aku baru sadar bahwa kunciku tertinggal. aku ragu minta tolong yang lain untuk membukakan pintu, tapi tiba-tiba suamiku datang. dan ketika dia datang, waktu rasanya melambat, angin meniup dedaunan kering, terlihat seperti angin yang membawa langkahnya. hahaha, entahlah, rasanya seperti itu, dan itulah yang aku tuliskan tentang pertemuan dengan Ega, persis.” aku tersipu

“kalian sudah kenal?”

“iya, kubilang kami satu organisasi, dan sebenarnya saat itu kami sudah mulai saling tertarik. dan dia datang membawakan kunci, padahal aku tidak bilang apapun, pada siapapun. seolah dia tahu, dan datang hanya untuk mengantar kunci, sudah hanya itu.”

“wow…hanya itukah yang membuatmu yakin?” nadanya tak percaya

“tentu tidak hanya itu. seiring kami makin dekat, kami makin sadar bahwa kami punya banyak perbedaan, banyak sekali. sesekali kami tidak sengaja menyakiti. tapi entah kenapa, kami tidak bisa melepaskan. dan aku sendiri pun merasa, ini beda. aku merasa, perbedaannya adalah untuk menyempurnakan aku. ibarat aku adalah puzzle, aku butuh sisi yang berbeda agar lengkap bukan? nah, dialah keping itu, yang membuatku merasa utuh. klise ya?” aku menutup mukaku dengan tangan

“hmm, rasanya beda ya? hmm, tapi bukannya beda orang pasti rasanya beda?”

“iya, tapi saat dengan dia, aku merasa pertama kalinya takut kehilangan, bahkan sampai tahap tidak ingin membayangkan jika dia bukan jodohku. untuk pertama kalinya aku merasa tidak ingin yang lain. padahal kalau kamu tahu, aku dulu perempuan yang merasa mudah untuk mendapatkan, mudah untuk melepaskan. tapi dengannya, sulit, tidak bisa. mungkin karena itulah, aku memilih terikat dengannya selamanya, dalam pernikahan.” aku tersenyum, berharap dia paham

“aku, belum ketemu yang kaya gitu.” ujarnya terlihat sedih

“entahlah ini cocok atau tidak, tapi insya Allah, sudah disiapkan jodohmu olehNya. lanjutkan saja hidup, jadi dirimu yang terbaik, kelak jika waktunya tiba, akan ketemu juga dengan seseorang yang kedatangannya membuat waktu melambat sejenak. hahaha..oke?”

“aamiin..”

-*-

untuk seseorang, yang masih galau sama jodoh. semangat ya..🙂

4 thoughts on “Jodoh?

    • kalo dari yg saya alami, saya menemukan bahwa saat proses mnuju menikah, kami dilancarkan & seperti dibukakan jalan, dr situ saya merasa memang inilah jodoh saya🙂 maaf klo blm cukup ya..

Comment, Please :)

